Senin, 24 Juni 2013

Ramuan Obat untuk Sakit Maag



Ramuan Obat untuk Asam Lambung (Maag)


ASAM lambung merupakan satu di antara sekian faktor yang bisa memicu gangguan kesehatan pada lambung. Meski terkadang dianggap sepele tapi penyakit yang diakibatkan asam lambung bisa juga berbuntut pada kematian.

Dalam dunia kedokteran kondisi kesehatan lambung dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor agresif dan difensif. Kedua faktor tersebut memiliki fungsi berbeda. Bila faktor agresif berusaha mencederai lambung. Sebaliknya faktor difensif berusaha mempertahankan lambung agar selalu bekerja normal. Dan satu di antara faktor agresif tersebut adalah asam lambung. Nah, untuk mengatasinya cobalah ramulah bahan – bahan obat alami ini.

Ramuan:

- 90 gr daging daun lidah buaya
- 30 gr temulawak
- 5 gr adas
- 5 butir cengkeh
- 6 gr kulit jeruk mandarin kering
- 10 gr jahe
- 5 butir kapulaga

Langkah:

rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya tambah madu secukupnya, diminum hangat-hangat. Lakukan 1 kali sehari.
Catatan :
- untuk perebusan ramuan sebaiknya menggunakan panci enamel / periuk tanah



Sekilas Tanaman Obat ramuan obat Maag :

Berikut ini pen jelasan sekilas tanaman obat untuk mengobati sakit maag seperti tercantum dalam ramuan di atas :

1. Lidah buaya :
Tanaman Lidah Buaya


Daging  dari tanaman Lidah Buaya :
Obat sakit maag
Daging daun lidah buaya bisa juga untuk menghilangkan
jerawat dan untuk perawatan kecantikan.
Obat luka bakar, dan lain-lain


Khasiat daun lidah buaya yang lain  klik di sini. dan di sini.

Sekilas Tentang Sakit Maag :


Sakit maag muncul karena produksi asam lambung berlebih. Saat Anda stres tubuh Anda akan memperoduksi asam lambung dalam jumlah diatas normal dan juga mengikis lapisan lambung atau mukosa, yang pada akhirnya menimbulkan rasa perih, yang kita kenal dengan gangguan maag. Jika Anda terlanjur kena sakit maag, masalah ini bisa diatasi dengan minum obat sakit maag, yang bekerja menetrallkan asam lambung berlebih sehingga gejala gangguan maag cepat teratasi sebelum menjadi parah.

Makan yang tidak teratur, pola makan yang salah, sering makan makanan yang pedas memicu terjadinya gangguan maag. Mencegah penyakit gangguan maag ini sangat mudah, aturlah pola makan, jangan sering terlambat makan dan jangan selalu makan makanan yang terlalu pedas. Hindari pula makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti kopi, alkohol, anggur putih, susu, kue tart, keju, cokelat, gorengan, ketan, bihun, mie, jagung, singkong, talas, dodol, kol, nangka, sawi, pisang ambon, kedondong, ubi jalar, minuman bersoda, makanan yang pedas-pedas. Bila sakit maag menyerang, segeralah minum obat maag sebelum makan.

Gangguan maag oleh beberapa orang dianggap sebagai penyakit yang biasa dan tidak berbahaya. Padahal penyakit ini bila dibiarkan akan menimbulkan penyakit yang lainnya. Untuk mengobati sakit maag ada cara alami yang bisa ditempuh takni memakan pisang kepok kuning setiap pagi, siang, sore dan malam hari secara teratur.

Maag adalah peradangan atau pembengkakkan dari mukosa lambung, yang dapat dipicu oleh faktor iritasi dan infeksi. Seperti kita ketahui, lambung adalah organ pencernaan dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyimpan makanan, mencerna, dan kemudian mengalirkan ke usus kecil. Di dalam lambung terdapat enzim-enzim pencernaan seperti pepsin, asam lambung dan mucus untuk melindungi dinding lambung sendiri. Pengobatan sakit maag yang dapat dilakukan secara sederhana adalah dengan tidak telat dan menunda waktu makan.

Bila terjadi ketidakseimbangan diantara faktor tersebut seperti meningkatnya asam atau mucus yang berkurang, maka dapat mengiritasi dinding lambung sehingga terjadi proses peradangan. Selain itu iritasi bisa dipicu oleh obat-obatan yang mempunyai dosis tinggi, alkohol, muntah yang kronis dan bahan racun. Infeksi dapat disebabkan oleh banyaknya bakteri Helicobacter Pylori pada lapisan terdalam lapisan mukosa yang merupakan pelindung dari mukosa lambung dan menganggu fungsinya sebagai pelindung. Pada beberapa kasus dapat menyebabkan terjadinya ulkus (ulcer) sehingga dapat meningkatkan resiko dari kanker lambung.

Gejala gejala yang dapat menimbulkan sakit maag sebagai berikut :

Pada dasarnya maag menjadi dua bagian yaitu maag akut dan maag kronis.

Pada maag akut, gejala yang sering muncul biasanya adalah nyeri di ulu hati, muntah, kurangnya selera makan, kembung, turunnya badan badan, perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika makan. Sedangkan maag kronis biasanya tanpa gejala kalaupun ada hanya sakit yang ringan pada perut bagian atas dan terasa penuh atau kehilangan selera.

Berikut Penyebab terjadinya Penyakit Maag, antara lain :


1. Mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri, seringkali mengakibatkan iritasi pada lambung. Pemakaian obat dengan dosis tinggi juga dapat mengganggu sistem pencernaan halus sehingga rentan terhadap infeksi menyebabkan peradangan dan akhirnya menjadi penyebab penyakit maag.

2. Alkohol merupakan penyebab terjadinya penyakit maag. Karena seseorang sering mengkonsumsi minuman keras akan mengganggu system pencernaan. Lambung akan sangat rentan dan dalam kondisi yang rapuh dan akan menjadi sarang bagi bakteri penyebab penyakit maag.

3. Stres juga terbukti bisa mengubah keadaan dalam tubuh sehingga membuat lebih rentan terhadap berbagai penyakit termasuk penyakit maag. Yang sering terjadi dalam tubuh anda ketika sel-sel tubuh anda tidak saling berkomunikasi, sel-sel tubuh bisa berakhir dengan menyerang reaksi imun itu sendiri tanpa menyadarinya. Hal ini disebut disfugsi auto-imun. Penyebab penyakit maag autoimun adalah gangguan komunikasi sederhana antar sel dan disebabkan oleh kekurangan gizi dan faktor gaya hidup

4. Penyebab penyakit maag juga bisa disebabkan oleh makanan berminyak dan berlemak secara berlebihan. Dan penyakit refluks empedu merupakan salah satu penyebab sakit maag. Empedu membantu mencerna lemak hewani . Empedu juga diproduksi di dalam hati dan disimpan di kantong empedu untuk mencegah kontaminasi usus kecil. Jika terjadi kebocoran empedu, hal itu akan memperparah penyakit maag dan menjadi penyakit maag akut.

Faktor umur juga menjadi salah satu penyebab penyakit maag. Bila kita berusia lanjut, dinding lambung kita akan menipis sehingga jauh lebih rentan dibanding orang berusia muda. Sistem kekebalan tubuh juga menurun sehingga anda yang berusia lanjut lebih berisiko terkena penyakit maag.

Berikut cara mencegah munculnya sakit maag, diantaranya adalah :

1. Biasakan pola makan teratur dan jangan menunda-nunda makan walaupun sangat sibuk, tetap sempatkan untuk mengisi perut meski hanya sedikit atau sepotong roti dan kue.

2. Hindari dan kurangi makanan yang dapat memperburuk keadaan anda, seperti makanan pedas, asam, dan berlemak

3. Jangan segera berbaring setelah makan, tunggu setidaknya hingga 1 jam agar sebagian besar makanan sudah ke lambung menuju usus

4. Hindari makan yang terlalu berlebihan agar lambung tidak terlalu penuh. Makanah sering dengan porsi sedikit daripada makan sekaligus dalam jumlah besar.

5. Kurangi makanan yang menghasilkan gas yang cukup banyak di saluran pencernaan

6. Kurangi atau hindarii minuman bersoda karena bisa meningkatkan gas di lambung


7. Berhentilah merokok

1 komentar:

  1. RAMUAN INI CUKUP BAIK UNTUK DI PRAKTEKAN, DAPATKAN OBAT MAAGCRONIS DI CV. AL-KAFT AGENCY, distributor obat herbal & terapis herbal dgn latar belakang pendidikan AKADEMI FARMASI UNVERSITAS BHAKTI WIYATA KEDIRI alumni th 2003 & kuliah herbal at-thibunnabawi TELP. 021 598 5710. HP-WhatsAP. 081383511337, PIN BB. 2BDA10E4.

    BalasHapus