Selasa, 25 Juni 2013

Kunyit Asam, Ramuan Alami untuk Atasi Masalah Menstruasi

Segelas jamu Kunyit-Asam
(Kunir Asem)

Jakarta, Kunyit asam adalah ramuan alami yang dipercaya secara turun-temurun mengatasi berbagai keluhan kaum perempuan. Selain diyakini bisa menjaga badan tetap langsing, kunyit asam juga dipercaya mengatasi masalah menstruasi.

"Saya punya masalah dengan haid yang kurang teratur, kalau menggunakan obat dari dokter saya agak khawatir dengan bahan kimianya," ujar pembaca detikHealth, Dwi, Rabu (17/4/2013).

Dwi pun rajin mencari informasi bagaimana mengatasi masalah menstruasi secara alami. Akhirnya dari saran teman-temannya, Dwi mencoba minum jamu kunyit asam yang diracik sendiri.

"Saya mulai meminumnya sejak masih kuliah dulu. Sekarang setelah bekerja saya juga masih meminumnya walaupun tidak begitu rutin. Hasilnya, haid saya jadi teratur, tidak terasa sakit, dan cepat bersihnya apabila haid berakhir," papar Dwi.

Yurinda juga salah satu pembaca detikHealth yang merasakan khasiat jamu. Setiap 2-3 hari sekali dirinya selalu menyempatkan diri mengonsumsi jamu seperti beras kencur, jamu hitam, maupun air luntas. 
Kunyit dan Asam

Pada saat nyeri menstruasi, Yurinda pun lebih mengandalkan jamu untuk mengatasinya,
Jamu yang dokonsumsinya adalah jamu buatan perusahaan jamu kenamaan Tanah Air. Menurutnya tak hanya nyeri haid yang hilang, jamu juga menjaga agar organ genitalnya tidak mengeluarkan aroma tidak sedap.

"Pilihan mengkonsumsi jamu sudah menjadi kebiasaan saya sejak berusia 13 tahun hingga sekarang. Selain bebas bahan pengawet dibandingkan dgn minuman-minuman kesehatan yang diproduksi industri besar, jamu tidak perlu diragukan lagi kealamiannya dan bebas dari bahan kimia yang bisa berbahaya bagi tubuh kita," tutur Yurinda.

Pembaca detikHealth lainnya, Mia, juga merasakan manfaat sehat kunyit asam. "Saya suka minum jamu kunyit asam selain segar rasanya, manfaatnya juga banyak bisa ngelancarin haid, bisa buat langsing badan, kata tukang jamu saya. Terus segar juga di badan. Oke deh pokoknya," ucap dia.

Safitri juga pengonsumsi jamu kunyit asam. Tak hanya kunyit asam, jamu beras kencur juga telah diakrabinya sejak masih duduk di Sekolah Dasar. Dua kali dalam sepekan Safitri meminum ramuan tradisional ini.

"Badan segar, keringat tidak bau, kulit halus. Dan pada saat saya sudah mensturasi
saya tetap minum jamu," terangnya.

Di usia remaja, dia juga meminum jamu produksi Tanah Air yang telah dijamin keamanannya. Rupanya kebiasaan minum jamu terus memberikan manfaat positif bagi Safitri.

"Mensturasi saya lancar, jarang sakit perut pada saat mensturasi. Saat ini saya sudah menikah dan mempunyai anak satu. Pada saat saya melahirkan dengan cara normal
sangat lancar sekali. Tidak ada masalah. Dengan minum jamu itu saya mendapatkan manfaat yang sangat banyak," tutur Safitri. (Sumber : Detik Health)

Resep Jamu Kunyit Asam :


- Asam Jawa (Asam matang) 100 gram
- Kunyit 100 gram, kupas, potong.
- Kayu manis 1 cm
- Gula Jawa / Gulan aren / gula Pasir 250 gram
- Garam 1/2 sendok teh

Cara membuat :
- Campur kunit dengan sedikit air (250 ml), blender hingga halus, angkat dan saring.
- Campur air kunyit bersama sisa air yang telah disaring dengan asam, kayu manis, gula, dan garam, lalu masak hingga mendidih dan angkat lalu dinginkan. tuang dalam gelas dan siap disajikan.

Sumber : Lezatgrup.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar